Sabtu, 01 Juni 2024

Apa Bedanya Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi?

Apa Bedanya Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi?
Mungkin beberapa dari kamu ada yang masih bingung untuk membedakan ketiga jurusan tersebut. Nah, supaya nanti, ada baiknya kamu ketahui perbedaan ketiga jurusan tersebut.

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan lebih mempelajari tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika. Jadi, mata kuliah yang akan kamu temui lebih berkutat pada programming, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

Kemudian untuk Jurusan Teknik Komputer, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu berkutat dengan perangkat keras komputer (hardware). Selain belajar tentang bagian-bagian dari komputer, mahasiswa juga akan bermain dengan microcontroller, yakni otak dari komputer.

Jika Teknik Informatika lebih menekuni software dan Teknik Komputer lebih menekuni hardware, maka tidak demikian dengan Sistem Informasi. Bisa dikatakan, Jurusan Sistem Informatika hampir mirip dengan Teknik Industri yang menggabungkan antara bidang manajemen dan teknis.

Di Jurusan Sistem Informasi, kamu akan mendapat dua ilmu gabungan antara manajemen dan ilmu komputer. Bagi kamu yang tertarik dengan kegiatan yang lebih bersifat ‘sosial’ dengan interaksi kepada manusia lain, tetapi juga memiliki ketertarikan terhadap ilmu komputer, maka jurusan inilah yang tepat untuk kamu.

Tidak ada komentar:

Apa itu Source Code?

Source code adalah teks atau kumpulan instruksi yang ditulis oleh programmer menggunakan bahasa pemrograman , menjadi dasar untuk menghasilk...