Selasa, 28 Mei 2024

Macam dan Jenis Perangkat Lunak (Software)

Macam dan Jenis Perangkat Lunak (Software)

Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1. Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antarapengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing.

Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

2. Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman (programming language) ialah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang diitulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.g. Program Bantu Program bantu ialah perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengkompres file, mengopi data, dan lain-lain.

3. Perangkat lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi (application software) merupakan suatu subkelas perangkat lunak (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, guna melakukan suatu tugas yang dingiinkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan keebutuhan pemakainya.

Tidak ada komentar:

Apa itu Source Code?

Source code adalah teks atau kumpulan instruksi yang ditulis oleh programmer menggunakan bahasa pemrograman , menjadi dasar untuk menghasilk...