Selasa, 28 Mei 2019

Konsep Dari Apa itu Keamanan Cyber



Konsep Dari Apa itu Keamanan Cyber

Untuk bisa memahami soal keamanan Cyber ini dengan lebih baik, maka kalian harus memahami dulu konsep dari keamanan Cyber ini. Ada 3 konsep utama dari sebuah keamanan Cyber yang

memang harus kalian pahami untuk memahami konsep dari keamanan Cyber ini. Berikut ini kami akan coba jelaskan ketiga konsep utama yang ada pada keamanan Cyber tersebut apa saja.

1. Kerahasiaan

Konsep yang paling pertama itu adalah rahasia dari beberapa dokumen dan juga data yang ada pada perusahaan. Biasanya dari konsep batasan ini akan memberikan batasan akses ke data perusahaan hanya untuk beberapa orang tertentu saja. Hal ini menjadi salah satu metode dalam keamanan Cyber yang bisa melindungi agar tidak terjadi kebocoran data di masa depan.

Ada satu hal yang cukup penting berhubungan dengan konsep kerahasiaan, yaitu dua Faktor Otentikasi. Jadi saat ingin mengakses akun yang bisa mengakses data perusahaan itu ada 2 langkah yaitu pertama itu adalah password. Setelah itu ada tahap kedua yakni dengan mempergunakan kode khusus yang akan dikirim melalui perangkat tertentu.

Jadi dengan Two Factor Authentication itu akan membuat kerahasiaan data dari perusahaan pun akan benar-benar terjamin. Ini adalah konsep dasar dari sebuah Keamanan Cyber.

2. Integritas

Konsep yang kedua itu adalah keutuhan yang berarti menyampaikan informasi yang benar, tepat, dan akurat kepada masyarakat. Jadi konsepnya hanya menyampaikan data yang memang benar-benar tepat saja, sementara yang lain harus disimpan dengan baik. Informasi perusahaan, instansi, atau organisasi perlu dijaga agar tidak sampai bocor ke pihak-pihak yang mungkin tidak berkepentingan.

Konsep dari integritas untuk menghindari kebocoran itu sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa hal. Pertama bisa mempergunakan Enkripsi, lalu bisa juga menggunakan tanda tangan digital, dan bisa juga menggunakan Certificate Authority atau CA.

3. Ketersediaan

Konsep yang ketiga adalah ketersediaan di mana maksudnya adalah aplikasi keamanan Cyber itu selalu siap sedia. Jadi aplikasi dari perusahaan itu sebisa mungkin selalu bisa diakses oleh pengguna, sehingga tidak membuat para pengguna kecewa. Hal ini menjadi satu dengan keamanan Cyber yang menjadi salah satu wujud memberikan rasa aman pada pengguna.

Konsep ketersediaan ini sangat dibutuhkan pada perusahaan keuangan atau aplikasi keuangan yang memang harus selalu aktif.

Tidak ada komentar:

Apa itu Source Code?

Source code adalah teks atau kumpulan instruksi yang ditulis oleh programmer menggunakan bahasa pemrograman , menjadi dasar untuk menghasilk...